Sharing Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Sabtu, 20 Juli 2013

Download Kumpulan PTK SD


PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MEMBILANG LONCAT MELALUI PERMAINAN KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS I SDN xxx
BAB I

PENDAHULUAN
A.                Latar Belakang Masalah
Pembelajaran merupakan kegiatan yang terdiri dari komponen-komponen  yang berinteraksi antara satu komponen dengan komponen yang lainnya untuk mencapai tujuan tertentu. Komponen-komponen yang terdapat dalam proses pembelajaran adalah tujuan pendidikan dan pembelajaran, peserta didik, tenaga, tenaga kependidikan khususnya guru, perencanaan pembelajaran strategi pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang peranan utama.

Proses belajar mengajar adalah suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa adalah syarat utama dalam proses belajar mengajar. Interaksi ini tidak hanya sekedar hubungan guru dengan siswa tetapi berupa hubungan edukatif. Salah satu penilaian bahwa proses pembelajaran dianggap berhasil apabila siswa memiliki kemampuan dalam penguasaan materi.
Dua hal penting yang menjadi kunci utama dari peran guru yang berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik adalah jumlah waktu efektif yang digunakan guru untuk melakukan pembelajaran dikelas, dan kualitas kemampuan guru. Tingkat penguasaan dan pemahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan dapat diukur melalui nilai. Pada semester pertama tahun 2008, hasil ulangan matematika tengah semester menunjukkan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.
Untuk meningkatkan penguasaan dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran maka guru melaksanakan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Laporan ini disusun berdasarkan catatan yang dibuat ketika merancang kegiatan perbaikan, saat pelaksanaan perbaikan, observasi, dan kegiatan diskusi dengan observer. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dalam 3 siklus. 
untuk file lengkap klik 081351308823
 
Share:

Definition List

Unordered List

Support