Sharing Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Senin, 15 Juli 2013

Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen

Banyak para ahli mengartikan kata manajemen, mari kita simak pengertian manajemen dari mereka.
Menurut Harold Koontz,
“Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui dan dengan orang-orang dalam kelompok formal terorganisir.”
Harold Koontz memberikan definisi manajemen dalam bukunya “The Management Theory Jungle”.
Menurut Henri Fayol,
“Untuk mengelola adalah untuk memprediksi dan merencanakan, mengatur, perintah, untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan.”
Henri Fayol memberikan definisi manajemen dalam bukunya “Industrial and General Administration”.


Menurut Peter Drucker,
“Manajemen adalah organ multi-tujuan yang mengelola bisnis dan mengelola manajer dan mengelola pekerja dan bekerja.”
Ini definisi manajemen diberikan oleh Peter Drucker dalam bukunya “The Principles of Management”.
Menurut Mary Parker Follet,
“Manajemen adalah seni menyelesaikan sesuatu melalui orang.”

Pengertian Manajemen

Menurut Theo Heimann, manajemen memiliki tiga arti yang berbeda, yaitu:
  1. Manajemen sebagai suatu Noun: mengacu pada Kelompok Manajer.
  2. Manajemen sebagai suatu Proses: mengacu pada fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, mengarahkan, pengendalian, dll.
  3. Manajemen sebagai suatu disiplin: mengacu pada jurusan manajemen.
Manajemen adalah individu atau sekelompok individu yang menerima tanggung jawab untuk menjalankan organisasi. Mereka merencanakan, mengatur, mengarahkan dan mengawasi semua kegiatan penting dari organisasi. Manajemen tidak melakukan pekerjaan sendiri. Mereka memotivasi orang lain untuk melakukan pekerjaan dan koordinasi (yaitu mempertemukan) semua pekerjaan untuk mencapai tujuan organisasi.
Fitur Manajemen
Gambar berikut menggambarkan empat belas fitur penting dari manajemen.
Fitur Manajemen
Sifat, karakteristik utama atau fitur manajemen:
  1. Terus menerus dan tidak pernah berakhir prosesnya.
  2. Mendapatkan sesuatu melalui orang.
  3. Hasil ilmu yang berorientasi dan berseni.
  4. Multidisiplin di alam.
  5. Sebuah kelompok dan bukan kegiatan individu.
  6. Mengikuti prinsip-prinsip atau aturan yang ditetapkan.
  7. Dibantu tetapi tidak digantikan oleh komputer.
  8. Situasional di alam.
  9. Tidak perlu menjadi kepemilikan.
  10. Baik di seni dan di ilmu pengetahuan.
  11. Manajemen adalah semua yang meresap.
  12. Manajemen tidak berwujud.
  13. Menggunakan pendekatan profesional dalam pekerjaan.
  14. Dinamis di alam.
Sekarang mari kita bahas secara singkat masing-masing fitur manajemen.
1. Terus menerus dan tidak pernah berakhir proses
Manajemen adalah satu proses. Ini mencakup empat fungsi utama, yaitu, perencanaan, pengorganisasian, mengarahkan dan pengendalian. Manajer harus merencanakan dan mengorganisir semua kegiatan. Dia harus memberikan arah yang tepat untuk bawahannya. Dia juga harus mengawasi semua kegiatan. Manajer harus melakukan fungsi-fungsi secara terus menerus. Oleh karena itu, manajemen merupakan proses yang berkesinambungan dan tidak pernah berakhir.
2. Mendapatkan sesuatu melalui orang
Manajer tidak melakukan pekerjaan sendiri. Mereka mendapatkan pekerjaan yang dilakukan melalui pekerja. Para pekerja tidak seharusnya diperlakukan seperti budak. Mereka seharusnya tidak ditipu, diancam atau dipaksa untuk melakukan pekerjaan. Lingkungan kerja yang kondusif harus diciptakan dan dipelihara.
3. Hasil ilmu dan seni berorientasi
Manajemen berorientasi pada hasil karena memberikan banyak pentingnya sebuah “hasil”. Contoh dari hasil seperti, peningkatan pangsa pasar, peningkatan keuntungan, dll. Manajemen selalu ingin mendapatkan hasil terbaik setiap saat.
4. Multidisiplin di alam
Manajemen harus mendapatkan pekerjaan yang dilakukan melalui orang. Hal ini untuk mengelola orang. Ini adalah pekerjaan yang sangat sulit karena orang itu berbeda, memiliki emosi, perasaan, aspirasi, dll yang berbeda. Demikian pula, orang yang sama mungkin memiliki emosi yang berbeda pada waktu yang berbeda. Jadi, manajemen adalah pekerjaan yang sangat kompleks. Oleh karena itu, manajemen menggunakan pengetahuan dari berbagai mata pelajaran seperti ekonomi, teknologi informasi, psikologi, sosiologi, dll. Oleh karena itu, multidisiplin di alam.
5. Sebuah kelompok dan bukan kegiatan individu
Manajemen bukanlah kegiatan individu. Ini adalah kegiatan kelompok. Menggunakan kelompok (karyawan) upaya untuk mencapai kelompok (pemilik) tujuan. Akan mencoba untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dari kelompok (konsumen). Saat ini, pentingnya diberikan kepada tim (kelompok) dan bukan kepada individu.
6. Taat kepada prinsip atau aturan
Manajemen mengikuti prinsip yang ditetapkan, seperti pembagian kerja, disiplin, kesatuan perintah, dll. Prinsip-prinsip ini membantu untuk mencegah dan memecahkan masalah dalam organisasi.
7. Dibantu tetapi tidak digantikan oleh komputer
Sekarang ini, semua manajer menggunakan komputer. Komputer membantu para manajer untuk mengambil keputusan yang akurat. Namun, komputer hanya dapat membantu manajemen. Komputer tidak dapat menggantikan manajemen. Hal ini karena manajemen mengambil tanggung jawab akhir. Jadi manajemen dibantu, tetapi tidak digantikan oleh komputer.
8. Situasional di alam
Manajemen membuat rencana, kebijakan dan keputusan sesuai dengan situasi. Ini perubahan gaya yang sesuai dengan situasi. Menggunakan rencana yang berbeda, kebijakan, keputusan dan gaya untuk situasi yang berbeda.
Manajer harus mempelajari situasi sekarang secara penuh. Lalu ia menarik kesimpulan tentang situasi. Kemudian ia membuat rencana, keputusan, dll, yang terbaik bagi situasi sekarang. Ini disebut Manajemen Situasional.
9. Tidak perlu menjadi kepemilikan
Dalam organisasi kecil, manajemen dan kepemilikan adalah satu dan sama. Namun, dalam organisasi besar, manajemen terpisah dari kepemilikan. Manajer profesional berkualifikasi tinggi yang disewa dari luar. Pemilik adalah pemegang saham perusahaan.
10. Baik di dalam seni dan ilmu pengetahuan
Manajemen berorientasi pada hasil. Oleh karena itu, adalah sebuah seni. Manajemen melakukan penelitian yang berkesinambungan. Dengan demikian, hal ini juga sains.
11. Manajemen adalah semua meresap
Manajemen diperlukan untuk menjalankan bisnis. Hal ini juga penting untuk menjalankan bisnis, pendidikan, lembaga amal dan agama. Manajemen adalah suatu keharusan untuk semua kegiatan, dan oleh karena itu, semua meresap.
12. Manajemen tidak berwujud
Manajemen tidak berwujud, yaitu tidak dapat dilihat dan disentuh, tetapi dapat dirasakan dan disadari oleh hasil-hasilnya. Keberhasilan atau kegagalan manajemen dapat dinilai hanya dengan hasilnya. Jika ada disiplin yang baik, produktivitas yang baik, keuntungan yang baik, dll, maka manajemen berhasil dan sebaliknya.
13. Menggunakan pendekatan profesional dalam pekerjaan
Manajer menggunakan pendekatan profesional untuk mendapatkan pekerjaan yang dilakukan dari bawahan mereka. Mereka mendelegasikan (yaitu memberikan) wewenang kepada bawahan mereka. Mereka meminta bawahannya untuk memberikan saran untuk meningkatkan pekerjaan mereka. Mereka juga mendorong bawahan untuk mengambil inisiatif. Inisiatif berarti melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat tanpa dibimbing dan dibantu oleh atasan.
14. Dinamis di alam
Manajemen bersifat dinamis. Artinya, manajemen kreatif dan inovatif. Suatu organisasi akan bertahan dan berhasil hanya jika itu dinamis. Ini harus terus membawa ide-ide baru dan kreatif, produk baru, fitur produk baru, iklan baru, teknik pemasaran baru, dll.

Pengertian Manajemen

Jadi, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain yang berorientasi pada hasil dan bersifat dinamis.

Share:

Definition List

Unordered List

Support