STRUKTUR PASAR BARANG
1.
Pasar persaingan
sempurna
Pasar persaingan
sempurna merupakan bentuk pasar
barang atau struktur industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli
sehingga setiap penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi keadaan pasar.
Ciri-ciri pasar
persaingan sempurna
a.
Jumlah penjual
dan pembeli banyak
b.
Produk yang
dijual bersifat homoge
c.
Perusahaan atau
penjual bebas untuk keluar masuk pasar
d.
Penjual dan
pembeli memiliki pengertian sempurna tentang pasar
Kebaikan pasar persaingan sempurna
a.
Dengan biaya yang
tidak terlalu tinggi penjual bebas membuka dan menutup usahanya.
b.
Barang yang
tersedia dipasar banyak sehingga pembeli bebas memilih barang yang akan dibeli
c.
Penjual dan
pembeli mencapai kepuasan maksimal karena harga terbentuk dari tawar-menawar
kedua belah pihak
d.
Informasi
sempurna yang diperoleh produsen dan konsumen mengakibatkan tidak ada pesaing
yang tinggi.
e.
Harga tidak dapat
dipengaruhi oleh siapapun
Kebaikan pasar persaingan sempurna
a.
Penjual
memperoleh keuntungan yang rekatif kecil karena penjual hanya sebagai penerima
harga
b.
Pasar persaingan
sempurna hanya ada dalam kondisi perekonomian ideal.
2.
Pasar persaingan tidak sempurna
A.
Pasar monopoli
Monopoli
merupakan bentuk struktur pasar yang hanya memiliki satu penjual yang menguasai
perdagangan barang atau jasa sehingga pembeli tidak dapat menemukan pedagang
yang lainnya
Faktor yang
menyebabkan monopoli
a.
Sumber daya
merupakan bahan mentah dikuasai oleh satu perusahaan
b.
Pemerintah
memberikan ha eklusif kepada sebuah perusahaan untuk memproduksi dan menjual
barang tertentu
Ciri-ciri pasar monopoli
a.
Hanya ada satu
penjual dan banyak pembeli
b.
Tidaka ada
perusahaan yang dapat membuat barang pengganti yang sempurna
c.
Rintangan cukup
kuat untuk masuk kepasar monopoli
d.
Pembli tidak
memiliki pilihan lain dalam membeli barang
e.
Keuntungan hanya
terpusat pada satu perusahaan
f.
Harga ditentukan
oleh perusahaan
Kebaikan pasar monopoli
a.
Keuntungan
penjual cukup tinggi karena tidak ada pesaing
b.
Penguasaan atas
produk yang menguasai hajat hidup orang banyak biasanya diatur pemerintah
Keburukan pasar monopoli
a.
Pembeli tidak ada
pilihan lain untuk membeli barang lain
b.
Keuntungan hanya
terpusat pada satu perusahaan
c.
Terjadi
eksploitasi oleh monopolis terhadap pembeli
B.
Pasar
persaingan monopolistik
Pasar persaingan
monopoloistik adalah suatu pasar yang terdapat lebih dari satu produsen.
Ciri-ciri pasar
persaingan monopolistik
a.
Terdapat banyak
penjual tetapi tidak sebanyak dalam persaingan sempurna
b.
Jumlah perusahaan
sangat kecil dibandingkan dengan output total
c.
Barang yang
diperjual belikan terdapat diferensi
d.
Produsen dapat
mengendalikan harga dalam tingkat tertentu
e.
Tingkat kesulitan
untuk masuk kepasar persaingan monopolistik jauh lebih sulit dibandingkan pasar
persaingan sempurna
f.
Terdapat
persaingan yang ketat dalam kualitas produk dan iklan.
Kebaikan pasar persaingan monopolistik
a.
Penjual tidak
sebanyak di pasar persaingan sempurna
b.
Adanya pasar
monopolistik memacu kreatifitas produsen karena harga sangat dipengaruhi oleh
diferensi produk
c.
Pembeli cenderung
setia dan percaya pada satu produk yang dikenalnya
Keburukan pasar persaingan monopolistik
a.
Untuk masuk
kepasar monopolistik membutuhkan biaya yang banyak karena membeutuhkan riset
dan pengembangan produk
b.
Persaingan sangat
berat karena pasar biasanya didominasi oleh produk yang dikenal masyarakat.
C.
Pasar oligopoli
Pasar oligopoli
adalah pasar yang hanya terdiri dari beberapa penjual yang saling bersaing
untuk memperebutkan jumlah pembeli yang banyak.
Ciri-ciri pasar
oligopoli
a.
Hanya ada
beberapa perusahaan yang mendominasi pasar
b.
Ada produsen yang
menawarkan barng serupa, namun adapula produsen yang menawarkan barang yang
berbeda.
c.
Terdapat
rintangna yang kuat untuk masuk kepasar oligopoli karena investasinya yang
tinggi
d.
Persaingan
melalui iklan sangat kuat.
Kebaikan pasar
oligopoli
a.
Hanya terdapat
sedikit penjual karena dibutuhkan investasi yang besar untuk masuk pasar
b.
Jumlah penjual
yang sedikit membuat penjual dapat mengendalikan harga dlam tingkat tertentu
c.
Apabila terjadi
perang harga, konsumen akan diuntungkan
Keburukan pasar oligopoli
a.
Terdapat
rintangan yang kuat untuk masuk kepasar oligopoli karena investasinya tinggi
b.
Terjadinya perang
harga karena penjual yang satu berusaha mengalahkan penjual yang lainnya
c.
Produsen dapat
melakukan kerjasama yang pada akhirnya akan merugikan konsumen