Sharing Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Minggu, 14 Juli 2013

Kegiatan Ekonomi Konsumsi dan Produksi



Konsumsi
Konsumsi adalah sebuah kegiatan yang mengahabiskan nilai guna barang yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

contoh kegiatan konsumsi :
- Konsumsi BBM
- Makan
- Minum
- Pakaian

Nilai Barang
Barang akan memiliki nilai apabila dapat bermanfaat dan dapat ditukar dengan barang lain. dalam proses tukar-menukar barang biasanya digunakan alat perantara yang disebut uang. oeleh karena itu barang memiliki nilai pakai dan nilai tukar .


Nilai Pakai
Nilai Pakai adalah kemampuan barang untuk dapat dipakai dalam memenuhi kebutuhan. Nilai pakai di bagi menjadi 2 kelompok, yakni nilai pakai subyektif dan nilai pakai obyektif .

Nilai Pakai Subyektif
Nilai Pakai subyektif suatu barang biasanya tergantung pada penilaian seseorang. Setiap orang memiliki tingkat kepuasan yang berbeda terhadap suatu barang. Misalnya komputer memiliki nilai pakai subyektif yang berbeda anatar pegawai kantor dan seorang petani. Komputer memiliki nilai pakai subyektif yang sangat tinggi bagi seorang pegawai kantor dibandingkan seorang petani.



Nilai Pakai Obyektif
Nilai Pakai Obyektif adalah nilai pakai secara umum suatu barang tanpa meilihat siapapun yang memakai. Misalnya nasi memiliki nilai pakai obyektif bagi bagi masyarakat di Asia Tenggara karena dapat memenuhi kebutuhan.
Share:

Definition List

Unordered List

Support