Pengertian Pendidikan
– Secara universal pendidikan dapat didefinisikan sebagai suatu cara
untuk mengembangkan ketrampilan, kebiasaan dan sikap-sikap yang
diharapkan dapatmembuat seseorang menjadi warga negara yang baik,
tujuannya untuk mengembangkan atau mengubah kognisi, afeksi dan konasi
seseorang.
Definisi atau pengertian pendidikan
antara seorang ahli dan yang lainya tidaklah sama. Apalagi ahli-ahli
pada zaman dahulu dan zaman sekarang. Berikut beberapa definisi
pendidikan menurut para ahli:
Menurut Kamus dan Ensiklopedi:
1. Kamus Besar Bahasa Indonesia
Pendidikan adalah proses pengubahan
sikap dan tata laku seseorang ataukelompok orang dl usaha mendewasakan
manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, pembuatan
mendidik.
2. Ensiklopedi Wikipedia
Education is a social science that encompasses teaching and
learning specific knowledge, beliefs, and skills. The word education is
derived from the Latin educare meaning “to raise”, “to bring up”, “to
train”, “to rear”, via”educatio/nis”, bringing up, raising.
Menurut Undang-Undang:
1. UU SISDIKNAS No. 2 tahun 1989: “Pendidikan adalah usaha sadar
untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran,
dan/latihan bagi peranannya di masa yang akan datang”.
2. UU SISDIKNAS no. 20 tahun 2003: “Pendidikan adalah usaha sadar
danterencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran
agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk
memilikikekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan
masyarakat”.
Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli:
1. Menurut para ahli:
Definisi pendidikan adalah berbagai upaya dan usaha yang dilakukan
orangdewasa untuk mendidik nalar peserta didik dan mengatur moral
mereka. (WartaPoliteknik Negeri Jakarta, April 2007).
2. Langefeld
Mendidik adalah membimbing anak dalam mencapai kedewasaan.
3. Heageveld
Mendidik adalah membantu anak dalam mencapai kedewasaan.
4. Bojonegoro
Mendidik adalah memberi tuntunan kepada manusia yang belum
dewasadalam pertumbuhan dan perkembangannya sampai tercapai
kedewasaanya.
5. Ki Hajar Dewantara
Pendidikan adalah segala daya upaya untuk memajukan budi pekerti,
pikiranserta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu
hidup danmenghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.
6. Rosseau
Mendidik adalah memberikan pembekalan yang tidak ada pada masa anak-anak, tapi dibutuhkan pada masa dewasa.
7. Darmaningtyas
Pendidikan adalah usaha dasar dan sistematis untuk mencapai taraf hidupdan kemajuan yang ledih baik.
8. Paulo Freire
Pendidikan merupakan jalan menuju pembebasan yang permanen dan
terdiridari dua tahap. Tahap pertama adalah masa di mana manusia menjadi
sadar akan pembebasan mereka, yang melalui praksis mengubah keadaan
itu. Tahap keduadibangun atas tahap yang pertama, dan merupakan sebuah
proses tindakankultural yang membebaskan.
9. John Dewey
Pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal
inimungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang
dewasadengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan
dilembagakan untuk menghasilkan kesinambungan social. Proses ini
melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan
kelompok di mana dia hidup.
10. H. Horne
Pendidikan adalah proses yang terus-menerus (abadi) dari
penyesuaian yanglebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang
secara fisik danmental, yang bebas dan sadar kepada tuhan, seperti
termanifestasi dalam alamsekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan
dari manusia.
11. Frederick J. Mc Donald
Pendidkan adalah suatu proses atau kegiatan yang diarahkan untuk merubahtabiat.
12. Ahmad D. Marimba
Pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh
pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani terdidik menuju
terbentuknyakepribadian yang utama.
13. Djayakarta
Pendidikan adalah memanusiakan manusia muda, maksudnya
pengangkatanmanusia muda ke tahap insani. Inilah yang menjelma dalam
semua perbuatanmendidik.
14. Sir Godfrey Thomson
Pendidikan adalah pengaruh lingkungan atas individu untuk
menghasilkan perubahan-perubahan yang permanent di dalam
kebiasaan-kebiasaan tingkahlakun, pikiran, dam sifatnya.