a. Pengertian model pembelajaran Student Facilitator and Explaining
Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining adalah rangkai penyajian materi
ajar yang diawali dengan menjelaskannya dengan didemonstrasikan, kemudian
diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan kembali kepada
rekan-rekannya dan diakhiri dengan penyampaian semua materi kepada siswa.
b. Langkah-langkah
model pembelajaran Student Facilitator
and Explaining.
Langkah-langkah pembelajaran Student Facilitator and Explaining adalah
1)
Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
2)
Guru
mendemonstrasikan atau menyajikan garis-garis besar materi pembelajaran.
3) Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya, misalnya
melalui bagan atau peta konsep. Hal ini bisa dilakukan secara bergiliran.
4) Guru menyimpulkan
ide atau pendapat dari siswa.
5) Guru menerangkan
semua materi yang disajikan saat ini.
6)
Penutup
c. Kelebihan dan kelemahan model pembelajaran Student
Facilitator and Explaining
1) Kelebihan model pembelajaran Student
Facilitator and Explaining
a) Materi yang disampaikan lebih jelas dan konkrit.
b) Dapat meningkatkan daya serap siswa karena
pembelajaran dilakukan dengan demonstrasi.
c) Melatih siswa untuk menjadi guru, karena siswa
diberikan kesempatan untuk mengulangi penjelasan guru yang telah dia dengar.
d) Memacu motivasi siswa untuk menjadi yang terbaik dalam
menjelaskan materi ajar.
e) Mengetahui kemampuan siswa dalam menyampaikan ide atau
gagasan.
2) Kelemahan model pembelajaran Student
Facilitator and Explaining adalah
a) Siswa yang malu tidak mau
mendemonstrasikan apa yang diperintahkan oleh guru kepadanya atau banyak siswa yang kurang aktif.
b) Tidak semua siswa memiliki kesempatan yang sama
untuk melakukannya (menjelaskan kembali kepada teman-temannya karena
keterbatasan waktu pembelajaran).
c) Adanya pendapat yang sama sehingga hanya sebagian saja
yang terampil.
d) Tidak mudah bagi siswa untuk membuat peta konsep atau
menerangkan materi ajar secara ringkas.