Sharing Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Minggu, 17 November 2013

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TEKNIK KEYWORDS PADA SISWA KELAS V SD

BAB I
 PENDAHULUAN

A.  Latar  Belakang
Guru sangat berperan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan, secara profesional guru harus meningkatkan kemampuan dan kompetensinya, kemudian mengimplementasikan kemampuan yang dimiliki  dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga pembelajaran berlangsung secara aktif, kreatif, efektif, menyenangkan, dan berpusat pada anak didik.
Kemampuan menulis puisi sangat penting, sesuai hakekat pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu kemampuan berkomunikasi dan bersastra. Dalam menulis puisi terdapat berbagai unsur meliputi tema, pesan/ amanat, Ketatabahasaan/ ejaan, dan pilihan kata/ diksi.
Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Sumberagung sudah menerapkan  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar sebagaimana tercantum dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kenyataannya, tidak semua siswa mampu mencapai indikator kompetensi, sebagian besar peserta didik masih  mengalami kesulitan dalam pembelajaran menulis puisi.
Berdasarkan hasil tes awal diperoleh nilai menulis puisi siswa kelas V SD Sumberagung  sebagaian besar berada di bawah standar ketuntasan belajar minimal, dari 20 siswa ada 16 anak memperoleh nilai di bawah 60, jumlah siswa yang bernilai di bawah KKM ada 80%.
Dari evaluasi diri guru, sharing dan masukan dari teman sejawat, hal tersebut disebabkan proses pembelajaran masih menekankan pada penguasaan pengetahuan berbahasa, bukan pada kemampuan atau keterampilan berbahasa, untuk itu perlu dilakukan suatu kajian guna menjawab permasalahan pembelajaran yang terjadi, hingga menemukan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan prosentase ketercapaian indikator kompetensi menulis puisi, oleh karena itu Penelitian Tindakan Kelas perlu dilaksanakan.
Guna meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Sumberagung, peneliti akan menerapkan pendekatan kontekstual teknik keywords, dengan pendekatan dan teknik pembelajaran ini diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuannya menulis puisi.
B.  Rumusan Masalah
Apakah pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual teknik keywords dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Sumberagung?
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Sumberagung melalui penerapan pendekatan kontekstual teknik keywords.


2.   Manfaat Penelitian
a.    Bagi siswa
1).  Memperoleh pengalaman belajar dalam menulis puisi.
2).  Meningkatkan kemampuannya dalam menulis puisi.
3).  Termotivasi dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia.
b.    Bagi guru
1)    Dapat memecahkan permasalahan pembelajaran yang sedang dihadapi.
2)    Dapat dijadikan motivasi dan referensi  untuk memilih pendekatan dan teknik pembelajaran yang tepat.
3)    Dapat dijadikan rujukan untuk melakukan penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran dan materi pembelajaran yang lain.
untuk File lengkap download hubungi 081351308823
Share:

Definition List

Unordered List

Support