BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Guru sangat berperan dalam upaya
peningkatan kualitas pendidikan, secara profesional guru harus meningkatkan
kemampuan dan kompetensinya, kemudian mengimplementasikan kemampuan yang
dimiliki dalam melaksanakan
pembelajaran, sehingga pembelajaran berlangsung secara aktif, kreatif, efektif,
menyenangkan, dan berpusat pada anak didik.
Kemampuan menulis puisi sangat
penting, sesuai hakekat pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu kemampuan
berkomunikasi dan bersastra. Dalam menulis puisi terdapat berbagai unsur meliputi
tema, pesan/ amanat, Ketatabahasaan/ ejaan, dan pilihan kata/ diksi.
Pelaksanaan pembelajaran Bahasa
Indonesia di kelas V SDN Sumberagung sudah menerapkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
sebagaimana tercantum dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kenyataannya,
tidak semua siswa mampu mencapai indikator kompetensi, sebagian besar peserta
didik masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran
menulis puisi.
Berdasarkan hasil tes awal diperoleh
nilai menulis puisi siswa kelas V SD Sumberagung sebagaian besar berada di bawah standar
ketuntasan belajar minimal, dari 20 siswa ada 16 anak memperoleh nilai di bawah
60, jumlah siswa yang bernilai di bawah KKM ada 80%.
Dari evaluasi diri guru, sharing dan
masukan dari teman sejawat, hal tersebut disebabkan proses pembelajaran masih menekankan
pada penguasaan pengetahuan berbahasa, bukan pada kemampuan atau keterampilan
berbahasa, untuk itu perlu dilakukan suatu kajian guna menjawab permasalahan
pembelajaran yang terjadi, hingga menemukan pendekatan pembelajaran yang lebih
efektif untuk meningkatkan prosentase ketercapaian indikator kompetensi menulis
puisi, oleh karena itu Penelitian Tindakan Kelas perlu dilaksanakan.
Guna meningkatkan kemampuan menulis puisi
siswa kelas V SD Sumberagung, peneliti akan menerapkan pendekatan kontekstual
teknik keywords, dengan pendekatan
dan teknik pembelajaran ini diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuannya
menulis puisi.
B. Rumusan Masalah
Apakah pembelajaran menggunakan pendekatan
kontekstual teknik keywords dapat meningkatkan
kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Sumberagung?
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui peningkatan
kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Sumberagung melalui penerapan
pendekatan kontekstual teknik keywords.
2. Manfaat
Penelitian
a.
Bagi siswa
1). Memperoleh
pengalaman belajar dalam menulis puisi.
2). Meningkatkan kemampuannya
dalam menulis puisi.
3). Termotivasi dalam
kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia.
b.
Bagi guru
1)
Dapat memecahkan permasalahan pembelajaran yang sedang
dihadapi.
2)
Dapat dijadikan motivasi dan referensi untuk memilih pendekatan dan teknik pembelajaran
yang tepat.
3)
Dapat dijadikan rujukan untuk melakukan penelitian
tindakan kelas pada mata pelajaran dan materi pembelajaran yang lain.
untuk File lengkap download hubungi 081351308823