Keterampilan membuka pembelajaran atau keterampilan membuka pelajaran merupakan salah satu keterampilan mengajar yang harus dikuasai guru. Secara umum tujuan membuka pelajaran adalah untuk: (1) memfokuskan perhatian siswa terhadap pembelajaran yang akan dilaksanakan; (2) membangkitkan motivasi siswa; dan (3) mengetahui kemampuan awal siswa mengenai materi pelajaran yang akan dipelajari. Pemahaman ini didasarkan kepada pendapat para ahli mengenai tujuan membuka pelajaran sebagaimana diuraikan berikut ini.
- Tujuan dari set induction adalah untuk memotivasi siswa, mengorientasikan mereka terhadap materi pelajaran yang akan dipelajari, pentingnya materi pelajaran, dan bagaimana siswa akan mencapai tujuan pembelajaran.[1]
- Tujuan dari set induction adalah untuk memotivasi siswa agar mereka tertarik pada pelajaran dan memahami tujuannya, membantu siswa memahami mengapa mereka akan melakukan kegiatan tertentu atau tugas-tugas selama pelajaran.[2]
- Tujuan membuka pembelajaran adalah membantu siswa mempersiapkan diri untuk menghadapi pelajaran, agar mereka bersemangat untuk belajar.[3]
- Tujuan membuka pembelajaran adalah: (1) memfokuskan siswa pada tujuan pelajaran; (2) membuat link ke pembelajaran sebelumnya; (3) membangkitkan minat siswa terhadap pelajaran; dan (4) mengaktifkan latar belakang pengetahuan siswa.[4]
- Tujuan membuka pembelajaran adalah: (1) mendorong siswa dalam keadaan kesiapan yang tepat; (2) membangkitkan motivasi siswa; (3) mendapatkan perhatian siswa; (4) mengaitkan materi pelajaran dengan pertemuan sebelumnya; (5) memastikan harapan siswa; (6) menemukan tingkat pengetahuan siswa tentang topik yang akan dibahas; (7) menunjukkan atau bernegosiasi dengan siswa mengenai tujuan pembelajaran pada sautu pertemuan; dan (8) menjelaskan fungsi seseorang dalam pembelajaran dan keterbatasan-keterbatasan yang mungkin menyertai fungsi tersebut.[5]