Sharing Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Jumat, 01 November 2013

Tujuan Membuka Pelajaran


 

Keterampilan membuka pembelajaran atau keterampilan membuka pelajaran merupakan salah satu keterampilan mengajar yang harus dikuasai guru. Secara umum tujuan membuka pelajaran adalah  untuk: (1) memfokuskan perhatian siswa terhadap pembelajaran yang akan dilaksanakan; (2) membangkitkan motivasi siswa; dan (3) mengetahui kemampuan awal siswa mengenai materi pelajaran yang akan dipelajari. Pemahaman ini didasarkan kepada pendapat para ahli mengenai tujuan membuka pelajaran sebagaimana diuraikan berikut ini.
  1. Tujuan dari set induction adalah untuk memotivasi siswa, mengorientasikan mereka terhadap materi pelajaran yang akan dipelajari, pentingnya materi pelajaran, dan bagaimana siswa akan mencapai tujuan pembelajaran.[1]
  2. Tujuan dari set induction adalah untuk memotivasi siswa agar mereka tertarik pada pelajaran dan memahami tujuannya,  membantu siswa memahami mengapa mereka akan melakukan kegiatan tertentu atau tugas-tugas selama pelajaran.[2]
  3. Tujuan membuka pembelajaran adalah membantu siswa mempersiapkan diri untuk menghadapi pelajaran, agar mereka bersemangat untuk belajar.[3]
  4. Tujuan membuka pembelajaran adalah: (1) memfokuskan siswa pada tujuan pelajaran; (2) membuat link ke pembelajaran sebelumnya; (3) membangkitkan minat siswa terhadap pelajaran; dan (4) mengaktifkan latar belakang pengetahuan siswa.[4]
  5. Tujuan membuka pembelajaran adalah: (1) mendorong siswa dalam keadaan kesiapan yang tepat; (2) membangkitkan motivasi siswa; (3) mendapatkan perhatian siswa; (4) mengaitkan materi pelajaran dengan pertemuan sebelumnya; (5) memastikan harapan siswa; (6) menemukan tingkat pengetahuan siswa tentang topik yang akan dibahas; (7) menunjukkan atau bernegosiasi dengan siswa mengenai tujuan pembelajaran pada sautu pertemuan; dan (8) menjelaskan fungsi seseorang dalam pembelajaran dan keterbatasan-keterbatasan yang  mungkin menyertai fungsi tersebut.[5]
Share:

Definition List

Unordered List

Support