PEMBELAJARAN
SAINTIFIK
Tanggal : 15-17 Oktober 2015
Tempat : Aula SMKN 1 Tanjung
Tujuan : Meningkatkan Profesionalitas
Guru
Lama
Kegiatan : 3 Hari /30 Jam
Disusun Oleh:
Nama : Eda Handayani, SE
NIP :
197809122006042024
Pangkat/Gol
Ruang : Penata, III/c
Jabatan/Tugas : Ekonomi
Tempat
Tugas : SMA Negeri 2 Tanjung
PEMERINTAH KABUPATEN TABALONG
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 2 Tanjung
TAHUN 2015
HALAMAN
PENGESAHAN
IMPLEMENTASI
KURIKULUN 2013
Yang
bertanda tangan dibawah ini Kepala SMA Negeri 2 Tanjung Kec. Tanjung Kabupaten Tabalong mengesahkan Laporan Kegiatan Implementasi Kurikulun 2013 yang
disusun oleh:
Nama :
Eda Handayani, SE
NIP : 197809122006042024
Pangkat/Gol
Ruang : Penata, III/c
Jabatan/Tugas : Ekonomi
Tempat
Tugas : SMA Negeri 2 Tanjung
Tanjung, 18 Oktober 2015
Kepala
Sekolah
Drs, Rusdi Yusran, M.Pd
NIP. 196304161990101001
PEMERINTAH
KABUPATEN TABALONG
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA
NEGERI 2 Tanjung
Jalan Tanjung Selatan Rt 09 Mabuun Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong
|
S U R A T T U G A S
Nomor : B-
/DIK/SMAN-2-TJG/421.2/10/2015
Kepala SMA Negeri 2
Tanjung Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong dengan ini memberikan tugas kepada:
Nama :
Eda Handayani, SE
NIP :
197809122006042024
Pangkat/Gol Ruang :
Penata, III/c
Jabatan/Tugas :
Ekonomi
Tempat Tugas :
SMA Negeri 2 Tanjung
Keperluan :
Implementasi Kurikulun 2013
Hari/Tanggal :
Jumat-Minggu, 15-17 Oktober 2015
Tempat :
Aula SMKN 1 Tanjung
Dasar :
-
Demikian Surat Tugas ini diberikan untuk dapat
dilaksanakan sebagaimana mestinya.
Tanjung, 09 Oktober 2015
Kepala
Sekolah
Drs, Rusdi Yusran, M.Pd
NIP. 196304161990101001
A, Pendahuluan
Pada penerapan (implementasi Kurikulum 2013) di
lapangan (baca: sekolah), guru salah satunya harus menggunakan pendekatan
ilmiah (scientific), karena pendekatan ini lebih efektif hasilnya dibandingkan
pendekatan tradisional.
Proses pembelajaran yanag mengimplementasikan
pendekatan scientific akan menyentuh tiga ranah, yaitu: sikap (afektif),
pengetahuan (kognitif), dan keterampilan (psikomotor). Dengan proses
pembelajaran yang demikian maka diharapkan hasil belajar melahirkan peserta
didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap,
keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Perhatikan diagram berikut.
Adapun penjelasan dari diagram pendekatan pembelajaran scientific (pendekatan ilmiah) dengan menyentuh ketiga ranah tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
Adapun penjelasan dari diagram pendekatan pembelajaran scientific (pendekatan ilmiah) dengan menyentuh ketiga ranah tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
·
Ranah sikap menggamit
transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu mengapa.”
·
Ranah keterampilan
menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu
bagaimana”.
·
Ranah pengetahuan
menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu
apa.”
·
Hasil akhirnya adalah
peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang
baik (soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan
untuk hidup secara layak (hard skills) dari peserta didik yang meliputi aspek
kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
·
Kurikulum 2013
menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan
pendekatan ilmiah.
·
Pendekatan ilmiah
(scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi
mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring untuk semua mata
pelajaran.
B, Alasan Mengikuti Kegiatan
Saya
mengikuti Kegiatan
implementasi kurikulum 2013 adalah untuk menambah wawasan,
keterampilan, pengetahuan, dan juga untuk meningkatkan kompetensi saya
khususnya yang berkaitan dengan kemampuan profesional, yaitu
dalam hal penerapan pembelajaran di
sekolah.
C, Pelaksanaan
Pembukaan di awali dengan
sambutan/laporan panitia kemudian dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong.
Setelah dibuka, lalu dilakukan pembahasan materi yang berkaitan dengan Implementasi Kurikulun 2013 dengan memperdalam cara
penerapanya dalam proses belajar megajar dikelas
D, Strategi Pelaksanaan
Strategi
yang di gunakan dalam kegiatan
Implementasi Kurikulun 2013 agar peserta dapat meningkatkan
kompetensi yang berkaitan dengan
materi cara penerapana pembelajaran saintifik yang benar maka pelaksanaan dilakukan
dengan pendekatan ceramah dilengkapi dengan contoh-contoh, tanya jawab,
diskusi, dan latihan-latihan/praktek.
E, Tindak Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah mengikuti kegiatan pengembangan diri ini adalah belajar pembelajaran saintifik dengan penerapanya.
F, Manfaat
Manfaat yang
saya peroleh dalam mengikuti workshop
ini
adalah meningkatkan kemampuan
profesional, yaitu dalam penerapan
pembelajaran saintifik di
sekolah. Dengan melaksanakan pembelajaran pembelajaran saintifik guna memperbaiki
pembelajaran dengan menerapkan berbagai macam metode dan model pembelajaran di
kelas yang di satukan dengana pembelajaran saintifik.
G, Penutup
Workshop ini sangat baik dan
perlu dilaksanakan secara terus menerus karena manfaatnya banyak sekali bagi guru. Hal ini terbukti pada diri saya
sendiri, setelah mengikuti workshopt
ini banyak sekali tambahan ilmu keprofesionalan, yaitu penerapan pembelajaran saintifik.
Matriks: Ringkasan Pelaksanaan Diklat
No
|
Nama Kegiatan
|
Peran sebagai Peserta/ Pemakalah/ pembahas
|
Institusi Penyelenggara
|
Tempat Kegiatan
|
Waktu Kegiatan
|
Nama-Nama Fasilitator/
Pemakalah/ Pembahas
|
Dampak*)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Workshop
|
Peserta
|
Dinas Pendidikan kabupaten Tabalong
|
Ruang Belajar di Aula SMKN 1 Tanjung
|
15-17 Oktober 2015/30 JP
|
Widya Iswara LPMP Kalimantan Selatan
|
Meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan implementasi K13
|
|