Sharing Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Minggu, 29 Mei 2016

PTK PKN KELAS V SD

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan   , bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengiplementasikan dan tentu saja kemampuan guru merupakan satu komponen penting untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Kemampuan bagi guru terutama menghadapi era globalisasi sangat dibutuhkan. Dengan belajar Pendidikan Kewarganegaraan , diharapkan siswa dapat menerapkan dengan baik dalam kehidpan sehari-hari yang baik dan benar.
Selain itu, siswa diharapkan dapat mengambil manfaat pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan , untuk dijadikan sebagai alat komunikasi kehidupan masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu, pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan  sangat penting dipahami oleh siswa. Namun, harapan tersebut ternyata belum tampak pada siswa kelas V SD Negeri 02 Pasar batu. Alasan dan hal-hal yang sering dikeluhkan antara lain:

1)      Materi pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan  terlalu banyak. Mungkin mereka sulit untuk melaksanakan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan  karena kurang menguasai metodologi dan teknik pembelajaran  Pendidikan kewarganegaraan .
2)      Pendidikan Kewarganegaraan  bukan untuk dihafalkan tetapi untuk diterapkan. Karena adalah sarana maka pada hakikatnya belajar Pendidikan kewarganegaraan  adalah belajar berkomunikasi dan mengimplementasikan, dan tentu saja hal ini menuntut banyak penerapan dan waktu yang banyak untuk mengevaluasinya.
Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya telah dilakukan berbagai cara antara lain: membimbing siswa dalam pembelajaran yang lebih bervariasi dengan menggunakan metode tanya jawab, pemberian tugas, membuat rangkuman materi ajar atau bahan ajar dalam bentuk lembar kerja siswa (LKS). Namun, sejauh ini belum nampak hasilnya. Padahal faktor utama keberhasilan belajar Pendidikan Kewarganegaraan  ada di tangan guru. Pada saat sekarang penulis akan menerapkan model pembelajaran yang mungkin bisa meningkatkan proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan . Model pembelajaran tersebut yaitu model pembelajaran dengan teknik Team Teaching. Model pembelajaran Team Teaching yang akan diterapkan adalah Team Teaching penuh dengan variasi langkah sebagai berikut :
1.      Setiap proses KBM di dalam kelas dimasuki dua atau tiga orang guru.
2.      Satu guru menyampaikan materi pelajaran di depan kelas.
3.      Dua orang guru mendampingi siswa dan membantu apabila ada siswa yang mengalami kesulitan.
4.      Hasil proses KBM dievaluasi oleh guru-guru yang bergabung dalam Team Teaching.
5.      Guru dalam bentuk tim bersama-sama membuat perencanaan pembelajaran.
6.      Sesuai dengan kemampuan masing-masing mereka menjadi tutor sebaya bagi temannya.
Demikian juga dengan penerapan model pembelajaran Team Teaching diharapkan terjadi peningkatan proses pembelajaran yang berdampak pada peningkatan prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan  khususnya di SD Negeri 02 Pasar Batu. Indikator bagi siswa yang telah mengalami peningkatan dalam pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan  adalah adanya peningkatan prestasi selain mempunyai keinginan yang kuat untuk mengetahui Pendidikan kewarganegaraan  dengan aktivitas yang mereka tunjukkan selama proses pembelajaran, keinginan yang kuat untuk mengetahui Pendidikan kewarganegaraan  dengan cara banyak membaca buku-buku tentang Pendidikan kewarganegaraan , banyak bertanya pada guru mengenai pelajaran Pendidikan kewarganegaraan  serta mengomunikasikan hasil pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hal ini akan terlihat dari hasil nilai ujian yang meningkat, baik dalam ulangan harian.
B.     Rumusan Masalah
Apakah penerapan model pembelajaran dengan Team Teaching dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan  di kelas V SD Negeri 02 Pasar Batu .
C.    Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas teknik Team Teaching ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terutama kelas IV SD Negeri Pasar Batu.
D. Manfaat Hasil Penelitian
Dengan penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran Team Teaching diharapkan bermanfaat :
1.      Bagi siswa diharapkan mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan  akan lebih menarik dan bervariasi.
2.      Bagi guru diharapkan kemampuan mereka meningkat dan senang mengajarkan Pendidikan kewarganegaraan , karena mereka diperhadapkan pada berbagai metode yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Mereka akan lebih tertarik untuk mengajarkan Pendidikan kewarganegaraan . Diharapkan pula kegiatan belajar mengajar bisa lebih berhasil, semua siswa ikut aktif sehingga kegiatan belajar mengajar akan lebih baik dan kemampuan siswa dalam pelajaran Pendidikan kewarganegaraan  meningkat.
3.      Bagi sekolah diharapkan, dengan meningkatnya kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan  sehingga hasil belajarnya pun akan lebih baik dari pada sebelumnya sehingga mutu pendidikan di sekolah dapat meningkat.


Share:

Definition List

Unordered List

Support