Sharing Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Senin, 15 Juli 2013

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli


Pengertian Pendidikan 
Pengertian Pendidikan 264x300 Pengertian Pendidikan 
– Secara universal pendidikan dapat didefinisikan sebagai suatu cara untuk mengembangkan ketrampilan, kebiasaan dan sikap-sikap yang diharapkan dapatmembuat seseorang menjadi warga negara yang baik, tujuannya untuk mengembangkan atau mengubah kognisi, afeksi dan konasi seseorang.

Definisi atau pengertian pendidikan antara seorang ahli dan yang lainya tidaklah sama. Apalagi ahli-ahli pada zaman dahulu dan zaman sekarang. Berikut beberapa definisi pendidikan menurut para ahli:
Menurut Kamus dan Ensiklopedi:
1. Kamus Besar Bahasa Indonesia
Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang ataukelompok orang dl usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, pembuatan mendidik.
2. Ensiklopedi Wikipedia
Education is a social science that encompasses teaching and learning  specific knowledge, beliefs, and skills. The word education is derived from the Latin educare meaning “to raise”, “to bring up”, “to train”, “to rear”, via”educatio/nis”, bringing up, raising.
Menurut Undang-Undang:
1. UU SISDIKNAS No. 2 tahun 1989: “Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/latihan bagi peranannya di masa yang akan datang”.
2. UU SISDIKNAS no. 20 tahun 2003: “Pendidikan adalah usaha sadar danterencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar  peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memilikikekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat”.
Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli:
1. Menurut para ahli:
Definisi pendidikan adalah berbagai upaya dan usaha yang dilakukan orangdewasa untuk mendidik nalar peserta didik dan mengatur moral mereka. (WartaPoliteknik Negeri Jakarta, April 2007).
2. Langefeld
Mendidik adalah membimbing anak dalam mencapai kedewasaan.
3. Heageveld
Mendidik adalah membantu anak dalam mencapai kedewasaan.
4. Bojonegoro
Mendidik adalah memberi tuntunan kepada manusia yang belum dewasadalam pertumbuhan dan perkembangannya sampai tercapai kedewasaanya.
5. Ki Hajar Dewantara
Pendidikan adalah segala daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiranserta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup danmenghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.
6. Rosseau
Mendidik adalah memberikan pembekalan yang tidak ada pada masa anak-anak, tapi dibutuhkan pada masa dewasa.
7. Darmaningtyas
Pendidikan adalah usaha dasar dan sistematis untuk mencapai taraf hidupdan kemajuan yang ledih baik.
8. Paulo Freire
Pendidikan merupakan jalan menuju pembebasan yang permanen dan terdiridari dua tahap. Tahap pertama adalah masa di mana manusia menjadi sadar akan pembebasan mereka, yang melalui praksis mengubah keadaan itu. Tahap keduadibangun atas tahap yang pertama, dan merupakan sebuah proses tindakankultural yang membebaskan.
9. John Dewey
Pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal inimungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasadengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk menghasilkan kesinambungan social. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok di mana dia hidup.
10. H. Horne
Pendidikan adalah proses yang terus-menerus (abadi) dari penyesuaian yanglebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik danmental, yang bebas dan sadar kepada tuhan, seperti termanifestasi dalam alamsekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.
11. Frederick J. Mc Donald
Pendidkan adalah suatu proses atau kegiatan yang diarahkan untuk merubahtabiat.
12. Ahmad D. Marimba
Pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani terdidik menuju terbentuknyakepribadian yang utama.
13. Djayakarta
Pendidikan adalah memanusiakan manusia muda, maksudnya pengangkatanmanusia muda ke tahap insani. Inilah yang menjelma dalam semua perbuatanmendidik.
14. Sir Godfrey Thomson
Pendidikan adalah pengaruh lingkungan atas individu untuk menghasilkan perubahan-perubahan yang permanent di dalam kebiasaan-kebiasaan tingkahlakun, pikiran, dam sifatnya.

sumber klik disini
Share:

Definition List

Unordered List

Support