Sharing Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Kamis, 07 November 2013

PTK SD KELAS IV

UPAYA  PENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR  IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM DAN SOSIAL BUDAYA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA KARTU KUIS WHO AM I  BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PADA XXXX I TAHUN XXXXX


BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah

                       Selama ini Ilmu Pengetahuan Sosial dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit bagi sebagian siswa. Kesulitan yang dialami siswa terutama kemampuan dalam mengenal  konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan  masyarakat dan lingkungannya . Untuk menguasai konsep yang telah ditetapkan dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar, siswa dituntut untuk menguasai konsep-konsep tersebut secara terpadu dan menyeluruh. Dengan tuntutan demikian, para siswa umumnya merasa kesulitan untuk sekaligus menguasai konsep-konsep tersebut. Hal tersebut juga terjadi dalam mata pelajaran IPS kelas IV di SDN II Xxxxxxxx khususnya pada materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya. Dari hasil refleksi awal dapat diketahui bahwa minat dan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi tersebut masih rendah. Rendahnya minat belajar siswa dapat dilihat pada saat guru memberikan mata pelajaran IPS materi Sumber Daya Alam, minat siswa sama sekali tidak muncul. Siswa enggan menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh guru, siswa pun tidak bertanya ketika guru menanyakan hal-hal yang menjadi kesulitan siswa. Ini menunjukkan bahwa siswa tidak berminat terhadap mata pelajaran   yang diberikan guru. Selain itu, setelah evaluasi dilaksanakan, hasil belajar siswa juga tidak memuaskan, sebagian besar siswa kelas IV pada di SDN II Xxxxxxxx mendapatkan nilai dibawah 60. Dengan rata-rata 57,53  ulangan harian untuk materi Sumber Daya Alam. Padahal Kriteria Ketuntasan Minimal untuk mata pelajaran IPS pada Semester I tahun pelajaran 2010/2011 adalah 6,50.

Rendahnya minat dan hasil belajar siswa terhadap materi Sumber Daya Alam disebabkan kurang menariknya pembelajaran yang diciptakan guru, guru hanya menggunakan metode ceramah yang menjemukan lalu pemberian tugas setelah ceramah selesai. Ketidakminatan siswa terhadap materi pelajaran yang diberikan guru dikarenakan kurang maksimalnya guru dalam memanfatkan berbagai sarana dan prasarana yang ada. Alasan guru tidak menggunakan media dan alat peraga adalah bahwa pembuatan media akan menyita waktu dan tenaga Apabila kenyataan tersebut dibiarkan berlarut-larut, tanpa ada upaya guru untuk memanfaatkan media belajar yang tepat pada mata pelajaran IPS, tentu saja akan berdampak lebih luas , diantaranya : Siswa  semakin malas dan sama sekali tidak berminat pada mata pelajaran IPS sehingga akan menjahuinya, hal ini akan menyulitkan guru mentransfer pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa dan menjadikan suasana kelas tidak kondusif dalam proses belajar mengajar.Dampaknya, hasil belajar yang dicapai siswa di bawah KKM yang telah ditetapkan olah sekolah. Dampak yang lebih luas, kesulitan  ini akan menghambat peningkatan mutu pendidikan yang diharapkan dalam mata pelajaran IPS   sehingga tujuan pembelajaran  tidak akan tercapai. Hal tersebut merupakan masalah yang dihadapi guru. Masalah tersebut harus dicari jalan keluarnya. Salah satu jalan keluar yang dapat dilakukan guru adalah pemanfaatan media kartu kuis who am I.

Media kartu kuis who am I.merupakan  salah satu bentuk media pembelajaran, Yang pada hakikatnya merupakan wahana penyalur atau wadah pesan pembelajaran. Sebagai media pembelajaran, media kartu kuis who am I.mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses kegiatan belajar-mengajar. Siswa akan terlibat langsung dalam penggunaan media, sehingga siswa diharapkan  akan menemukan konsep apa yang ada dalam media tersebut. Dengan demikian, minat siswa akan mengalami perubahan.Di samping dapat meningkatkan minat  siswa, media kartu kuis who am I juga dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan dalam setiap pelajaran.

          Harapan yang akan dicapai setelah penelitian ini selesai, minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya meningkat. Media kartu kuis who am I diharapkan menjadi alat pembelajaran yang sesuai dalam  melibatkan siswa secara aktif dan menyenangkan sehingga akan meningkatkan minat  dan hasil belajar siswa .

           Pemanfaatan media  kartu kuis who am I merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Seperti ditegaskan oleh Mudjito A.K.,(1994: 10) bahwa cara menyajikan pelajaran hendaknya memanfaatkan berbagai sarana penunjang ada, termasuk di dalamnya media pembelajaran dan alat peraga. Dengan pemanfaatan kartu kuis who am I maka minat belajar siswa meningkat. Ditunjukkan siswa dengan antusiasmenya siswa mengikuti pelajaran, kelas yang tidak pasif, dan aktifnya siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru. Dengan meningkatnya minat belajar akan meningkatkan hasil belajar siswa.
                 Dengan memanfaatkan media  kartu kuis who am I, guru akan lebih bersemangat dalam mengajar karena siswa berminat terhadap pelajaran yang diberikan. Minat belajar yang meningkat itu akan meningkatkan pula hasil rata-rata nilai siswa. Sehingga target yang ditetapkan guru dalam KKM  diharapkan akan berhasil.
Berpijak pada latar belakang di atas, pada bulan Agustus 2010  Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan . Setelah diawali pengamatan pada kondisi awal / pratindakan, penelitian ini  melaksanakan dalam dua siklus. Kondisi awal dimana guru belum menggunakan media kartu kuis who am I dalam pembelajaran. Siklus 1 guru menyediakan beberapa media kartu kuis who am I pada materi Sumber Daya Alam secara berkelompok, dan pada siklus 2 media kartu kuis who am I pada materi Sosial Budaya secara berkelompok. Bulan Oktober 2010 peneliti menyusun laporan. Pada penelitian ini  akan dipaparkan perubahan minat siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dalam memahami materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya. Setelah penelitian ini selesai,  diharapkan ada perubahan yang signifikan pada minat siswa  sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya pada Siswa Kelas IV SDN II Xxxxxxxx Semester I Tahun 2010/2011.

B.     Identifikasi Masalah 
Permasalahan yang akan diidentifikasi pada penelitian ini adalah :
1.      Mengapa minat belajar siswa rendah ?
2.      Mengapa hasil belajar siswa rendah ?
3.      Mengapa minat belajar dan hasil belajar siswa rendah ?
4.      Mengapa minat perlu ditingkatkan ?
5.      Mengapa hasil belajar perlu ditingkatkan ?
6.      Faktor-faktor apa saja yang membuat minat belajar siswa rendah ?
7.      Faktor-faktor apa saja yang membuat hasil belajar siswa rendah ?
8.      Bagaimana agar minat belajar siswa meningkat ?
9.      Bagaimana agar hasil  belajar siswa meningkat ?
10.  Apa yang dilakukan guru agar minat belajar siswa meningkat ?
11.  Apa yang dilakukan guru agar hasil  belajar siswa meningkat ?

C.    Pembatasan Masalah
                 Dalam penelitian ini , peneliti akan membahas 3 masalah yaitu masalah yang berhubungan dengan minat belajar, masalah yang berhubungan dengan hasil  belajar  , dan masalah yang berhubungan dengan media kartu kuis who am I.
                 Yang dimaksud dengan minat belajar pada penelitian ini adalah minat belajar siswa kelas IV SDN II Xxxxxxxx dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya .Siswa yang mempunyai minat belajar adalah siswa yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1.      Siswa memusatkan perhatian kepada guru
2.      Siswa bersemangat mengikuti materi yang diajarkan guru
3.      Siswa aktif menjawab pertanyaan guru
4.       Siswa aktif bertanya pada guru tentang materi yang diajarkan.
            Yang dimaksud hasil belajar pada penelitian ini adalah hasil belajar yang diraih siswa kelas IV SDN II Xxxxxxxx dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya adalah meningkatnya nilai ulangan harian pada Kompetensi Dasar 1.2. Mendiskripsikan Sumber Daya Alam di lingkungan Kabupaten/ kota dan propinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya. Dari rata-rata nilai 57,53 menjadi  7,50.
     Yang dimaksud media di sini adalah media kartu kuis who am I yang merupakan salah satu alat bantu untuk menyampaikan materi pelajaran IPS dan menarik minat siswa dalam pembelajaran. Media kartu  kuis who am I ini disebut juga kuis siapa aku. Siswa dapat mengajukan pertanyaan kepada siswa lain dalam kelompok dan mempunyai otoritas untuk memberikan penilaian. Jadi pelaksananan permainan dan penilaiannya diserahkan sepenuhnya kepada siswa.

D.    Rumusan Masalah
           Berdasarkan permasalahan di atas,maka permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Apakah melalui pemanfatan media kartu kuis who am I, dapat meningkatkan minat belajar IPS materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri II Xxxxxxxx  pada Semester I tahun 2010/2011 ?
2.      Apakah melalui pemanfatan media kartu kuis who am I dapat meningkatkan hasil  belajar IPS materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri II Xxxxxxxx  pada Semester I tahun 2010/2011 ?
3.      Apakah melalui pemanfatan media kartu kuis who am I, dapat meningkatkan minat dan hasil belajar   IPS materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri II Xxxxxxxx  pada Semester I tahun   2010/2011 ?

E.     Tujuan Penelitian
           Dalam penelitian ini terdapat tujuan umum dan tujuan khusus sebagai berikut:
1.      Tujuan Umum
a.       Untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan pemanfaatan media kartu kuis who am I
b.      Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan pemanfaatan media kartu kuis who am I
c.       Untuk meningkatkan minat dan hasil Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya dengan pemanfaatan media kartu kuis who am I
2.      Tujuan Khusus
a.       Melalui pemanfaatan media kartu kuis who am I dapat meningkatkan minat belajar   IPS materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri II Xxxxxxxx  pada Semester I tahun   2010/2011.
b.      Melalui pemanfaatan media kartu kuis who am I dapat meningkatkan hasil belajar   IPS materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri II Xxxxxxxx  pada Semester I tahun   2010/2011.
c.       Melalui pemanfaatan media kartu kuis who am I dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPS materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri II Xxxxxxxx  pada Semester I tahun 2010/2011.
F.     Manfaat Penelitian
1.      Manfaat bagi Siswa
a.       Meningkatnya minat belajar siswa
b.      Meningkatnya hasil  belajar siswa
c.       Meningkatnya minat dan hasil belajar siswa
2.      Manfaat bagi Peneliti
a.       Meningkatnya  minat belajar IPS materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya Melalui pemanfaatan media kartu kuis who am I bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri II Xxxxxxxx  pada Semester I tahun 2010/2011.
b.      Meningkatnya  hasil belajar IPS materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya Melalui pemanfaatan media kartu kuis who am I bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri II Xxxxxxxx  pada Semester I tahun 2010/2011.
c.       Meningkatnya  minat dan hasil belajar Mata IPS materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya Melalui pemanfaatan media kartu kuis who am I bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri II Xxxxxxxx  pada Semester I tahun 2010/2011.
3.      Manfaat bagi guru
a.       Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rancangan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, serta melaksanakan penilaian baik proses maupun hasil belajar
  1. Manfaat bagi sekolah
a.   Memberikan masukan, saran, dan kritik untuk peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.
  1. Manfaat bagi perpustakaan sekolah
a.       Menambah koleksi perpustakaan sekolah. 
Untuk fil lengkap bab 1 sampai lampiran klik 081351308823



 
Share:

Definition List

Unordered List

Support