UPAYA PENINGKATKAN
MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SUMBER
DAYA ALAM DAN SOSIAL BUDAYA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA KARTU KUIS WHO
AM I BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PADA XXXX I TAHUN XXXXX
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Selama
ini Ilmu Pengetahuan Sosial dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit bagi
sebagian siswa. Kesulitan yang dialami siswa terutama kemampuan dalam
mengenal konsep-konsep yang berkaitan
dengan kehidupan masyarakat dan
lingkungannya . Untuk menguasai konsep yang telah ditetapkan dalam standar
kompetensi dan kompetensi dasar, siswa dituntut untuk menguasai konsep-konsep
tersebut secara terpadu dan menyeluruh. Dengan tuntutan demikian, para siswa
umumnya merasa kesulitan untuk sekaligus menguasai konsep-konsep tersebut. Hal
tersebut juga terjadi dalam mata pelajaran IPS kelas IV di SDN II Xxxxxxxx
khususnya pada materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya. Dari hasil
refleksi awal dapat diketahui bahwa minat dan hasil belajar siswa dalam
mempelajari materi tersebut masih rendah. Rendahnya minat belajar siswa dapat
dilihat pada saat guru memberikan mata pelajaran IPS materi Sumber Daya Alam,
minat siswa sama sekali tidak muncul. Siswa enggan menjawab pertanyaan yang
dilontarkan oleh guru, siswa pun tidak bertanya ketika guru menanyakan hal-hal
yang menjadi kesulitan siswa. Ini menunjukkan bahwa siswa tidak berminat
terhadap mata pelajaran yang diberikan
guru. Selain itu, setelah evaluasi dilaksanakan, hasil belajar siswa juga tidak
memuaskan, sebagian besar siswa kelas IV pada di SDN II Xxxxxxxx mendapatkan
nilai dibawah 60. Dengan rata-rata 57,53 ulangan harian untuk materi Sumber Daya Alam.
Padahal Kriteria Ketuntasan Minimal untuk mata pelajaran IPS pada Semester I
tahun pelajaran 2010/2011 adalah 6,50.
Rendahnya
minat dan hasil belajar siswa terhadap materi Sumber Daya Alam disebabkan
kurang menariknya pembelajaran yang diciptakan guru, guru
hanya menggunakan metode ceramah yang menjemukan lalu pemberian tugas setelah
ceramah selesai. Ketidakminatan siswa terhadap materi pelajaran yang diberikan
guru dikarenakan kurang maksimalnya guru dalam memanfatkan berbagai sarana dan prasarana yang ada. Alasan guru tidak menggunakan
media dan alat peraga adalah bahwa pembuatan media akan menyita waktu
dan tenaga Apabila kenyataan tersebut dibiarkan berlarut-larut, tanpa ada upaya
guru untuk memanfaatkan media belajar yang tepat pada mata pelajaran IPS, tentu
saja akan berdampak lebih luas , diantaranya : Siswa semakin malas dan sama sekali tidak berminat pada
mata pelajaran IPS sehingga akan menjahuinya, hal ini akan menyulitkan guru
mentransfer pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa dan menjadikan suasana
kelas tidak kondusif dalam proses belajar mengajar.Dampaknya, hasil belajar
yang dicapai siswa di bawah KKM yang telah ditetapkan olah sekolah. Dampak yang
lebih luas, kesulitan ini akan
menghambat peningkatan mutu pendidikan yang diharapkan dalam mata pelajaran
IPS sehingga tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Hal tersebut merupakan
masalah yang dihadapi guru. Masalah tersebut harus dicari jalan keluarnya.
Salah satu jalan keluar yang dapat dilakukan guru adalah pemanfaatan media
kartu kuis who am I.
Media kartu kuis who am I.merupakan salah satu bentuk media pembelajaran, Yang
pada hakikatnya merupakan wahana penyalur atau wadah pesan pembelajaran.
Sebagai media pembelajaran, media kartu kuis who am I.mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses
kegiatan belajar-mengajar. Siswa akan terlibat langsung dalam penggunaan media,
sehingga siswa diharapkan akan menemukan
konsep apa yang ada dalam media tersebut. Dengan demikian, minat siswa akan
mengalami perubahan.Di samping dapat meningkatkan minat siswa, media kartu kuis who am I juga dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan dalam
setiap pelajaran.
Harapan yang akan dicapai setelah
penelitian ini selesai, minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS
materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya meningkat. Media kartu kuis who am I diharapkan menjadi alat
pembelajaran yang sesuai dalam
melibatkan siswa secara aktif dan menyenangkan sehingga akan
meningkatkan minat dan hasil belajar
siswa .
Pemanfaatan media kartu kuis who am I merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengatasi
permasalahan tersebut. Seperti ditegaskan oleh Mudjito A.K.,(1994: 10) bahwa
cara menyajikan pelajaran hendaknya memanfaatkan berbagai sarana penunjang ada,
termasuk di dalamnya media pembelajaran dan alat peraga. Dengan pemanfaatan
kartu kuis who am I maka minat
belajar siswa meningkat. Ditunjukkan siswa dengan antusiasmenya siswa mengikuti
pelajaran, kelas yang tidak pasif, dan aktifnya siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan guru. Dengan meningkatnya minat belajar akan meningkatkan
hasil belajar siswa.
Dengan memanfaatkan media kartu
kuis who am I, guru akan lebih
bersemangat dalam mengajar karena siswa berminat terhadap pelajaran yang
diberikan. Minat belajar yang meningkat itu akan meningkatkan pula hasil
rata-rata nilai siswa. Sehingga target yang ditetapkan guru dalam KKM diharapkan akan berhasil.
Berpijak pada latar
belakang di atas, pada bulan Agustus 2010
Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan . Setelah diawali pengamatan pada
kondisi awal / pratindakan, penelitian ini melaksanakan dalam dua siklus. Kondisi awal dimana
guru belum menggunakan media kartu kuis who
am I dalam pembelajaran. Siklus 1 guru menyediakan beberapa media kartu
kuis who am I pada materi Sumber Daya Alam secara
berkelompok, dan pada siklus 2 media kartu kuis who am I pada materi Sosial
Budaya secara berkelompok. Bulan Oktober 2010 peneliti menyusun laporan. Pada
penelitian ini akan dipaparkan perubahan
minat siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dalam memahami materi Sumber
Daya Alam dan Sosial Budaya. Setelah penelitian ini selesai, diharapkan ada perubahan yang signifikan pada
minat siswa sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya
pada Siswa Kelas IV SDN II Xxxxxxxx Semester I Tahun 2010/2011.
B.
Identifikasi Masalah
Permasalahan
yang akan diidentifikasi pada penelitian ini adalah :
1.
Mengapa minat belajar siswa rendah ?
2.
Mengapa hasil belajar siswa rendah ?
3.
Mengapa minat belajar dan hasil belajar siswa rendah ?
4.
Mengapa minat perlu ditingkatkan ?
5.
Mengapa hasil belajar perlu ditingkatkan ?
6.
Faktor-faktor apa saja yang membuat minat belajar siswa
rendah ?
7.
Faktor-faktor apa saja yang membuat hasil belajar siswa
rendah ?
8.
Bagaimana agar minat belajar siswa meningkat ?
9.
Bagaimana agar hasil
belajar siswa meningkat ?
10. Apa yang
dilakukan guru agar minat belajar siswa meningkat ?
11. Apa yang
dilakukan guru agar hasil belajar siswa
meningkat ?
C.
Pembatasan
Masalah
Dalam penelitian ini , peneliti akan membahas 3 masalah yaitu masalah
yang berhubungan dengan minat belajar, masalah yang berhubungan dengan hasil belajar
, dan masalah yang berhubungan dengan media kartu kuis who am I.
Yang dimaksud dengan minat belajar pada
penelitian ini adalah minat belajar siswa kelas IV SDN II Xxxxxxxx dalam pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya .Siswa
yang mempunyai minat belajar adalah siswa yang memiliki ciri-ciri sebagai
berikut:
1.
Siswa memusatkan perhatian kepada guru
2.
Siswa bersemangat mengikuti materi yang diajarkan guru
3.
Siswa aktif menjawab pertanyaan guru
4.
Siswa aktif
bertanya pada guru tentang materi yang diajarkan.
Yang
dimaksud hasil belajar pada penelitian ini adalah hasil belajar yang diraih
siswa kelas IV SDN II Xxxxxxxx dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada
materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya adalah meningkatnya nilai ulangan
harian pada Kompetensi Dasar 1.2. Mendiskripsikan Sumber Daya Alam di
lingkungan Kabupaten/ kota dan propinsi serta hubungannya dengan keragaman
sosial dan budaya. Dari rata-rata nilai 57,53 menjadi 7,50.
Yang dimaksud media di sini adalah media
kartu kuis who am I yang merupakan salah satu alat bantu untuk menyampaikan
materi pelajaran IPS dan menarik minat siswa dalam pembelajaran. Media
kartu kuis who am I ini disebut
juga kuis siapa aku. Siswa dapat mengajukan pertanyaan kepada siswa lain dalam
kelompok dan mempunyai otoritas untuk memberikan penilaian. Jadi pelaksananan permainan
dan penilaiannya diserahkan sepenuhnya kepada siswa.
D. Rumusan Masalah
Berdasarkan
permasalahan di atas,maka permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah
sebagai berikut :
1.
Apakah melalui pemanfatan media kartu kuis who am I,
dapat meningkatkan minat belajar IPS materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya bagi
siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri II Xxxxxxxx pada Semester I tahun 2010/2011 ?
2.
Apakah melalui pemanfatan media kartu kuis who am I
dapat meningkatkan hasil belajar IPS
materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar
Negeri II Xxxxxxxx pada Semester I tahun
2010/2011 ?
3.
Apakah melalui pemanfatan media kartu kuis who am I,
dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPS
materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar
Negeri II Xxxxxxxx pada Semester I tahun
2010/2011 ?
E.
Tujuan Penelitian
Dalam penelitian ini terdapat
tujuan umum dan tujuan khusus sebagai berikut:
1.
Tujuan Umum
a.
Untuk meningkatkan minat belajar siswa
pada mata pelajaran IPS dengan pemanfaatan media kartu kuis who am I
b.
Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS dengan pemanfaatan media kartu kuis who am I
c.
Untuk meningkatkan minat dan hasil Sumber Daya Alam dan Sosial
Budaya dengan pemanfaatan media kartu kuis who am I
2.
Tujuan Khusus
a.
Melalui pemanfaatan media kartu kuis who am I dapat meningkatkan minat belajar IPS
materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar
Negeri II Xxxxxxxx pada Semester I tahun
2010/2011.
b.
Melalui pemanfaatan media kartu kuis who am I dapat meningkatkan hasil belajar IPS
materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar
Negeri II Xxxxxxxx pada Semester I tahun
2010/2011.
c.
Melalui pemanfaatan media kartu kuis who am I dapat meningkatkan minat dan hasil
belajar IPS materi Sumber Daya Alam dan Sosial Budaya bagi siswa kelas IV
Sekolah Dasar Negeri II Xxxxxxxx pada
Semester I tahun 2010/2011.
F. Manfaat Penelitian
1.
Manfaat bagi Siswa
a.
Meningkatnya minat belajar siswa
b.
Meningkatnya hasil
belajar siswa
c.
Meningkatnya minat dan hasil belajar siswa
2.
Manfaat bagi Peneliti
a.
Meningkatnya minat belajar IPS materi Sumber Daya
Alam dan Sosial Budaya Melalui pemanfaatan media kartu kuis who am I bagi
siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri II Xxxxxxxx pada Semester I tahun 2010/2011.
b.
Meningkatnya hasil belajar IPS materi Sumber Daya
Alam dan Sosial Budaya Melalui pemanfaatan media kartu kuis who am I bagi
siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri II Xxxxxxxx pada Semester I tahun 2010/2011.
c.
Meningkatnya minat dan hasil belajar Mata IPS materi Sumber
Daya Alam dan Sosial Budaya Melalui pemanfaatan media kartu kuis who am I bagi
siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri II Xxxxxxxx pada Semester I tahun 2010/2011.
3.
Manfaat bagi guru
a. Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun
rancangan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif,
dan menyenangkan, serta melaksanakan penilaian baik proses maupun hasil belajar
- Manfaat bagi sekolah
a. Memberikan masukan, saran, dan kritik untuk
peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.
- Manfaat bagi perpustakaan sekolah
a. Menambah koleksi perpustakaan sekolah.
Untuk fil lengkap bab 1 sampai lampiran klik 081351308823