PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MEMBILANG
LONCAT MELALUI PERMAINAN KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS I SDN xxx
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pembelajaran
merupakan kegiatan yang terdiri
dari komponen-komponen yang berinteraksi
antara satu komponen
dengan komponen
yang lainnya untuk mencapai tujuan tertentu. Komponen-komponen yang terdapat
dalam proses pembelajaran adalah tujuan pendidikan dan pembelajaran, peserta
didik, tenaga, tenaga kependidikan khususnya guru, perencanaan pembelajaran
strategi pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Proses
belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan
dengan guru sebagai pemegang peranan utama.
Proses
belajar mengajar adalah suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru
dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi
edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Interaksi atau hubungan timbal balik
antara guru dan siswa adalah syarat utama dalam proses belajar mengajar.
Interaksi ini tidak hanya sekedar hubungan guru dengan siswa tetapi berupa
hubungan edukatif. Salah satu penilaian bahwa proses pembelajaran dianggap
berhasil apabila siswa memiliki kemampuan dalam penguasaan materi.
Dua
hal penting yang menjadi kunci utama dari peran guru yang berpengaruh terhadap
peningkatan prestasi belajar peserta didik adalah jumlah waktu efektif yang
digunakan guru untuk melakukan pembelajaran dikelas, dan kualitas kemampuan
guru. Tingkat penguasaan dan pemahaman siswa terhadap materi yang telah
diberikan dapat diukur melalui nilai. Pada semester pertama tahun 2008, hasil
ulangan matematika tengah semester menunjukkan rendahnya pemahaman siswa
terhadap materi pelajaran.
Untuk
meningkatkan penguasaan dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran maka guru
melaksanakan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian tindakan kelas.
Laporan ini disusun berdasarkan catatan yang dibuat ketika merancang kegiatan
perbaikan, saat pelaksanaan perbaikan, observasi, dan kegiatan diskusi dengan
observer. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas
(PTK) dilaksanakan dalam 3 siklus.
untuk file lengkap klik 081351308823